You are currently viewing Apa itu Scissor Lift?

Apa itu Scissor Lift?

Scissor Lift, Lifter, Man Lift, Tangga Hidrolik, Tangga Elektrik adalah alat bantu yang menggunakan teknologi gerak, aplikasinya digunakan untuk mengangkat beban ke ketinggian tertentu yang mana akan sulit jika menggunakan tangga konvensional.

Scissor Lift digunakan untuk menaikkan atau menurunkan, menyampaikan atau mentransfer materi antara dua atau lebih ke ketinggian tertentu. Scissor Lift digunakan untuk berbagai macam aplikasi pada banyak industri yang meliputi produksi, pergudangan, sekolah, distribusi bahan makanan, militer, rumah sakit dan pusat perbelanjaan.

Yang familiar beredar atau paling banyak digunakan di pasaran adalah Scissor Lift Work Platform atau banyak orang menyebutnya dengan  Lifter, Man Lift, Tangga Elektrik atau Tangga Hidrolik. Dilengkapi fitur Pump Hydraulic dan Battery untuk mengoperasikannya serta bentuk platform seperti keranjang ukuran 1×2 meter. Platform ini digunakan sebagai pijakan operator atau pekerja. Dengan pijakan seluas itu maka akan mempermudah pekerja untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya. Kapasitas angkut Scissor Lift mampu mengangkat 2 orang di dalam platform dan beberapa perlengkapan lainnya, kapasitas angkut masing-masing brand dan tipe berbeda-beda, Scissor Lift ini menggunakan tiang hidrolik berbentuk gunting yang kokoh dengan kapasitas angkut umumnya sebesar 230-350Kg.

Alat berat ini memiliki 2 jenis yang berbeda menurut cara pengoperasiannya, yaitu manual dan electric. Untuk jenis manual sendiri, alat ini menggunakan hidrolik yang dipompa secara manual. Sedangkan untuk jenis electric menggunakan sistem hidrolik yang lebih modern, yaitu secara electric dengan menggunakan tenaga listrik dan motor DC sebagai pompa hidrolik.

Cara Kerja Scissor Lift

Oli hidrolik ini dibentuk memompa baling dengan tekanan tertentu. Filter oli, katup pembalik elektromagnetik tahan ledakan, katup throttle, katup periksa kontrol hidrolik, dan katup keseimbangan yang juga memasuki melalui ujung bawah silinder, sehingga piston silinder bergerak mengarah  ke atas, dan mengangkat beban. Oli tersebut kembali dari ujung atas silinder dan dikembalikan ke tangki bahan bakar melalui katup pembalik elektromagnetik tahan ledakan, dan juga tekanan pengenal disesuaikan melalui katup luapan, dan nilai pembacaan pengukur tekanan diamati melalui pengukur tekanan.

Piston silinder bergerak mengarah  ke bawah (kemudian kedua benda berat terjatuh). Oli hidrolik memasuki ujung atas silinder melalui katup pembalik elektromagnetik tahan ledakan, dan minyak tersebut yang kembali ke tangki bahan bakar dikembalikan ke tangki bahan bakar melalui katup periksa kontrol hidrolik, katup throttle dan juga katup gas. Supaya bobot mengarah turun dengan mulus, rem andal dan aman, dan juga katup keseimbangan tersebut dipasang di jalan pengembalian oli  berguna untuk melindungi serta menyeimbangkan tekanan agar kecepatan itu turun tidak dapat diubah oleh benda berat, dan laju aliran menyesuaikan dengan katup throttle berfungsi untuk mengontrol kecepatan angkat.

Dan  selanjutnya, untuk membuat rem aman dan andal, cegah kecelakaan, atau hal buruk lainnya yang tidak di inginkan, tingkatkan katup kontrol hidrolik, yaitu kunci hidrolik, untuk memastikan penguncian itu sendiri yang aman ketika saluran hidrolik secara tidak sengaja meledak. Jika Anda membutuhkan Scissor Lift Work Platform dengan garansi 3 tahun bisa menghubungi PT. Hasta Karya Ananta. Kami tidak hanya menjual unit baru namun kami juga menyediakan sewa / rental Scissor Lift, jasa untuk service atau perbaikan, tentunya didukung dengan ketersediaan spare part untuk semua merk / brand.

Leave a Reply